125 pebalap dalam dan luar negeri dipastikan berlaga di TdCC 2018


Di Post Pada 2018-08-30 | Oleh. Mustajab Moezahar

125 pebalap dalam dan luar negeri dipastikan berlaga di TdCC 2018

Kadis Pariwisa Sulteng I Nyoman Sariadijaya memberikan penjelasan mengenai TdCC pada rapat Panitia TdCC bidang Komunikasi dan Media di Palu, Rabu (29/8) didampingi Race Director Dr.Hasan (kiri), Kadis Kominfo Muh. Nizam (kedua kiri) dan Ketua Sekretariat Panitia TdCC Muchsin Pakaya (kanan). (Antaranews Sulteng/Epen-Dinas Kominfo Sulteng)

Palu (Antaranews Sulteng) - Lomba balap sepeda wisata internasional bertajuk Tour de Central Celebes (TdCC) II yang akan digelar 14-18 Oktober 2018 di Sulawesi Tengah, dipastikan diikuti 125 pebalap mancanegara dan nasional, meningkat dibanding TdCC 2017 sebanyak 60-an pebalap.

  

"Sudah 20 tim luar negeri dari 15 negara dan lima tim nasional yang terdaftar dan itu sudah final, tidak akan bertambah lagi. Masing-masing mengirim lima pebalapnya dan tiga pendamping," kata Race Director TdCC II Dr. Hasan di Palu, Rabu.

Saat memberikan penjelasan teknis pelaksanaan TdCC pada peserta rapat panitia TdCC bidang komunikasi dan publikasi, Hasan menyebutkan bahwa TdCC kali ini sangat diminati pebalap dunia karena telah terdaftar pada Uni Sepeda Internasional (Union Cyclist Internasionale) serta nilai bonus yang tersedia semakin menarik.

Semula, kata Plt. Ketua Pengda ISSI Sulteng itu, TdCC kali ini hanya akan menampung 20 tim, namun kemudian gubernur memberi persetujuan untuk menambah menjadi 25 tim, dimana lima tim dari dalam negeri, karena banyak sekali tim-tim dunia yang mendaftar.

Negara-negara yang akan mengirimkan timnya adalah Australia, Mongolia, Malaysia, Canada, Filipina, Iran, Belgia, Thailand, Polandia, Uzbekhistan, Serbia, China, Columbia, Prancis dan Amerika Serikat.

Sedangkan tim nasional yang sudah tercatat adalah PGN, ACC, KFC, BRCC/UBK dan Timnas Indonesia Pratama.

Dosen Fakultas Pertanian Universitas Tadulako Palu itu juga menyebutkan bahwa terkait rute balapan, berdasarkan hasil survey terakhir oleh tim teknis dari UCI dan PB ISSI serta panitia TdCC, ditetapkan panjang rute seluruhnya mencapai 760 kilometer. ( Sumber Antaranews )