Menteri Pariwisata Luncurkan TDCC 2018 Pada 17 Juli di Jakarta


Di Post Pada 2018-07-18 | Oleh. R. July T

Menteri Pariwisata Luncurkan TDCC 2018 Pada 17 Juli di Jakarta

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengan I Nyoman Sariadijaya.

Palu (Antaranews Sulteng) - Menteri Pariwisata Arief Yahya dijadwalkan akan meluncurkan Central Celebes Calender of Event 2018 yang salah satunya adalah lomba balap sepeda internasional bernuansa wisata yakni Tour de Central Celebes (TdCC) II Tahun 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah I Nyoman Sariadijaya mengemukakan di Palu, Minggu, peluncuran Central Celebes Calender of Event 2018 itu akan berlangsung di Gedung Kementerian Pariwisata Jakarta pada Selasa (17/7).

Acara ini akan dihadiri Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola, MSi, para anggota Forkompimda Sulteng, para bupati yang daerahnya dilintasi rute TdCC, PB ISSI, dan perwakilan UCI (Union Cyclist Internasionale).

Menurut Nyoman, ada tiga kegiatan bernuansa wisata yang tergabung dalam Central Celebes Calendar of Event 2018 tersebut yakni TdCC yang akan digelar pada 14-18 Oktober, Festival Palu Nomoni (Kota Palu) pada 28-30 September dan Festival Lipuku (Tajo Unauna) pada 6-12 Agustus.

Mengenai TDCC, kata Nyoman, Pemerintah Provinsi Sulteng akan memanfaatkan secara maksimal sebagai momentum mempromosikan dan menjual kekayaan wisata daerah ke dunia internasional untuk menggaet lebih banyak wisatawan mancenagara mengunjungi daerah ini.

Selain itu, pemerintah daerah provinsi dan kabupaten akan memanfaatkanya sebagai promosi investasi untuk mendatangkan lebih banyak investaso asing dan nasional menanam modal diberbagai bidang potensial di provinsi ini.

Sampai saat ini, kata Nyoman, sudah terdaftar 19 tim balap sepeda dari 16 negara di dunia serta lima tim nasional.

Negara-negara yang akan mengirimkan timnya mengikuti TdCC II-2018 adalah Jepang, Vietnam, Filipina, Srilanka, Prancis, Tiongkok, Belanda, Jerman, Bahrain, Spanyol, Iran, Rusia, Hongkong, New Zealand, Australia dan Israel.

TDCC ini akan menempuh rute dari Kota Luwuk, Ibu Kota Kabupaten Banggai sampai Kota Palu yang terbagi dalam lima etape yakni Etape I Luwuk-Ampana (133 km), Etape II Ampana-Poso (163,1 km), Etape III Tentena (Poso) - Parigi (204,5 km), Etape IV Parigi-Sigi (111,7 km) dan Etape V Wawatu (Donggala) - Kota Palu (127,7 km).